Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Friday, May 6, 2016

| | 0 comments | Read More

Cara sehat dengan Prebiotik dan Probiotik

Istilah probiotik ataupun prebiotik sekarang ini menjadi terkenal kembali. Sebenarnya itu pelajaran kita saat kita masih smp atau sma dulu ya. Dua istilah itu memang terlihat sama, berfungsi untuk memelihara kesehatan pencernaan kita. Kita pasti setuju dari pencernaan seluruh sumber energi tubuh kita. Bila pencernaan berjalan baik atau optimal maka energi dan kesehatan organ-organ lain juga akan mengikutinya.

Sebenarnya apa beda prebiotik dan probiotik sebenarnya. Perbedaannya adalah probiotik adalah organisme hidup sedang prebiotik adalah serat makanan bagi mikroorganisme tersebut.


Probiotik
Probiotik adalah organisme yang berguna bagi tubuh. Begitu oranisme hidup ini masuk ke dalam tubuh kita diharapkan akan meningkatkan kesehatan tubuh kita. Probiotik bisa kita dapatkan pada yoghurt, keju, mentega, saribuah, dan susu formula yang difortifikasi dengan bakteri yang bermanfaat bagi tubuh kita. Kita bisa menyebut sebagai bakter penghasil asam laktat.

Apa saja bakteri yang bisa menghasilkan asam laktat ?
1. Lactobacillus Bulgaricus SP terdapat pada susu mampu menembus asam lambung dan membentuk koloni di usus pencernaan.

Cara kerjanya mereka berebut makanana dengan mikroorganisme yang merugikan atau biasa disebut dengan bakteri jahat. Sehingga dominasi dari Lactobacillus Bulgaricus SP ini akan menghasilkan lebih banyak asam laktat.

Prebiotik 
Prebiotik adalah karbohidrat tetapi khusus karbohidrat yang tidak bisa dicerna oleh tubuh, namun dengan bantuan mikroba maka serat ini bisa diolah sedang hasil dari mikroba tadi di manfaatkan oleh tubuh. Sama halnya dengan bakteri Lactobacilus, jumlah mikroba baik yang jauh lebih banyak daripada mikroba jahat akan menghasilkan zat yang dibutuhkan tubuh lebih banyak.

Prebiotik merupakan sumber makanan bagi probiotik. Yang sering kita makan berasal dari kedelai yang terdiri atas Rafinosa dan Stakiosa, Frukto-oligosakarida, inulin, laktulosan dan latosukrosa. Inulin bermanfaat sebagai penyeimbang fungsi gastrointestinal atau menyeimbangkan mikroflora pada kolon.

Prebiotik dapat anda temukan pada biji-bijian, sayuran dan buah-buahan. Produk olahan seperti susu kedelai, tempe, tauco, kaya akan prebiotik. Dengan mengkonsumsi prebiotik berikut probiotiknya merupakan cara sehat yang seimbang jadi jangan mengkonsumsi serat tanpa mengkonsumsi mikrobanya.

Prebiotik dan probiotik merupakan makanan bagi tubuh yang tentu saja akan optimal jika di konsumsi dalam jumlah yang cukup bukan berlebih atau sangat kurang. Semoga cara sehat dengan konsumsi prebiotik dan probiotik ini bermanfaat bagi pembaca sekalin. terima kasih telah berkunjung di blog kami

Monday, May 2, 2016

| | 0 comments | Read More

Kangen Water benarkah merupakan air kesehatan yang ajaib ?

Ramai sekali di perbincangkan mengenai keampuhan dari kangen water. Kangen water merupakan air biasa yang diolah dengan sebuah alat yang di produksi oleh Enagic USA inch. Harga alatnya tidak murah mulai 24 hingga 40 an juta.

Sudah sangat sering sekali di Indonesia ini bila ada suatu produk maka dengan segera untuk membeli produk tersebut, apalagi di sertai dengan testimoni-testimoni positif. Penjelasan-penjelasan yang seperti ilmiah tidak dipikirkan lagi kebenarannya.

Menurut sebuah artikel di harian m tempo dot com
Kempuhan dari kangen water  diragukan sejumlah ahli. Menurut ahli gizi Emilia Achmadi, segala promosi keampuhan air dengan pH di atas 8—seperti bisa menyeimbangkan kondisi asam basa di seluruh tubuh—hanyalah isapan jempol. "Saya bilang itu pseudo science, ilmiah yang pura-pura," katanya. "Mereka tidak menipu, tapi tidak memberikan aspek yang benar." Adapun Ketua Indonesian Hydration Working Group Saptawati mengatakan keampuhan air kangen belum terbukti secara ilmiah berdasarkan penelitian.

Klaim Kangen Water juga mampu untuk detoksifikasi atau untuk mengeluarkan racun-racun pada tubuh tetap pada sumber yang sama profesor gizi dari Institut Pertanian Bogor, Hardinsyah Ridwan, sebenarnya detoksifikasi bisa dilakukan dengan meminum air biasa. "Konsumsi air yang cukup membuat metabolisme tubuh bekerja dengan baik," kata Hardinsyah. Banyak keluhan kesehatan timbul sebenarnya disebabkan oleh hal sepele: kurang minum air. Dengan demikian, untuk mengatasinya, cukup dengan minum air sesuai kebutuhan.

Itulah sedikit berita mengenai kangen water, semoga kita lebih bijak dalam menyikapi sebuah produk. Sehingga tidak memboroskan dana untuk hal-hal yang sebenarnya tidak perlu kita keluarkan. Semoga anda dan keluarga tetap sehat.

Monday, November 9, 2015

| | 0 comments | Read More

Dampak Polusi Air

Kualitas air merupakan hal terpenting yang harus di fikirkan oleh manusia.  Mengapa air sangat penting bagi manusia. Hampir 90% tubuh manusia terdiri atas air. Manusia, tumbuhan, hewan sanggup bertahan hidup lebih lama hanya dengan mengkonsumsi air saja. Beda dengan makanan air merupakan kebutuhan yang paling dasar bagi setiap makhluk hidup.

Air yang tidak sehat dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti :
 1. Water diseases
       Merupakan penyakit yang ditularkan langsung melalui air minum, seperti kolera, tifus, dan
       disentri
 2. Water washed diseases
      Merupakan penyakit yang berkaitan dengan kekurangan air hygiene perorangan, seperti scabies,
      infeksi kulit dan selaput lender, trachoma dan lepra.
 3.  Water based diseases
      Merupakan penyakit yang disebabkan oleh bibit penyakit yang sebagian siklus kehidupannya    
      berhubungan dengan schistosomiasis.
 4.  Water related vectors
       Adalah penyakit yang ditularkan oleh vector penyakit yang sebagian atau seluruhnya
       perindukkannya berada di air, seperti malaria, demam berdarah dengue, dan filariasis.

Apa yang kami sebutkan diatas merupakan beberaapa kasus penyakit yang menular karena di sebabkan oleh virus atau bakteri. Selain bahaya dari virus dan bakteri. Ada juga bahaya lain yang bisa menyebabkan penyakit yang tidak menular seperti

Kadnium (CD)
Kadnium adalah zat dalam kategori logam berat yang biasa digunakan pada industri pembuatan karent dan pabrik kaca. Bahaya dari CD ini karena tidak bisa dibuang oleh ginjal dan hati. Jumlah CD yang tidak bisa di tolerir oleh organ tersebut tentu akan mengakibatkan kerusakan.

Kobalt (Co)
Kobalt juga dalam kategori logam berat. Logam ini digunakan untuk campuran pembuatan pesawat, magnet, alat pemotong atau alat-alat penggiling, mewarnai kaca keramik dan juga untuk mewarnai cat. Bisa anda bayangkan betapa tidak terhindarnya kita dari bahaya industri tersebut. Karena sebenarnya jumlah air di dunia ini tetap dan tidak bertambah saja.tetapi hanya bersirkulasi.

Timbal (Pb)
Pencemaran air oleh loga pb juga sangat berbahaya terutama untuk wanita hamil bisa menyebabkan keguguran. Pada anak-anak bisa menyebabkan cacat mental.
pada orang dewasa bisa menyebabkan hipertensi.

Air secara umum di golongkan menjadi 4 golongan yaitu :
1. Golongan A, Air yang dapat digunakan sebagai air minum secara langsung tanpa pengolahan terlebih dahulu.
2. Golongan B, yaitu air yang dapat digunakan baku air minum
3. Golongan C, yaitu air yang dapat digunakan keperluan perianan dan peternakan
4. Golongan D, yaitu air yang dapat digunakan untuk pertanian, usaha di perkotaan, industri, pembangkit listrik tenaga air.

Untuk mengetahui kandungan mineral pada air anda bisa menggunakan ph meter, sehingga mengetahui kualitas air yang anda minum.

Thursday, October 1, 2015

| | 0 comments | Read More

Makanan yang Bisa memperkuat ingatan kita

Makanan Yang Bisa Memperkuat Ingatan kita, sangat banyak kita bisa pilih beberapa yang cocok buat kita, atau pilihlah sesuai dengan kondisi tubuh kita. Karena bisa jadi satu makanana tidak boleh dimakan karena suatu hal tetapi masih ada sumber nutrisi lain yang bisa kita makan sehingga asupan vitamin ke otak tetap terjaga

Kacang-kacangan 
Kacang-kacangan mengandung lemak omega 3 dan vitamin E. Kehilangan dua hal tersebut bisa berakibat hilangnya inguatan kita atau hilangnya kemampuan otak untuk mengingat. kemampuan otak menjadi sangat buruk karena kekurangan nutrisi berupa lemak omega 3 dan Vitamin E ini. Konsumsilah Biji Rami, Biji Kenari dan Almond

Buah Beri
Buah beri yang dimaksud disini adalah blueberi ataupun sroberi. Dua buah ini terbukti meningkatkan daya ingat dan listrik otak. Buah ini bisa dijadikan cemilan sehat bila adan tidak memiliki riwayat penyakit maag. bila tidak anda bisa menikmati dengan semangkuk yoghurt atau sereal. Anti oksidanya juga sangat baik bagi tubuh.

Sayuran
Sebagaimana buah beri yang mengandung antioksidan, sayuran pun bisa sumber antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Sayuran seperti bayam, brokoli, kubis, kembang kol dan sebagainya merupakan sumber vitamin C dan antioksidan yang baik.

Masih banyak sumber vitamin lain seperti alpokat,tomat, plum, susu, telur dan lain-lain. Sesuaikan dengan kondisi tubuh anda. Bila anda dilarang makan sebagian makananan yang kami sebutkan di atas maka hindarilah, pasti masih banyak jenis makanan lain yang bisa mengganti zat-zat yang diperlukan oleh otak. Semoga kita tetap sehat sampai akhir hayat. aamiin.
| | 0 comments | Read More

penyebab hilang ingatan jangka pendek dan cara mengatasinya

Kehilangan ingatan merupakan suatu proses yang menakutkan pada siapapun. Ingatan merupakan suatu yang berharga. Kemampuan mengingat orang-orang terdekat yang telah banyak memberi kebahagiaan kepada kita. kemampuan mengingat banyak peristiwa penting. mengingat siapa sebenarnya kita, dari mana kita berasal, siapa orang tua kita, apa saja prestasi yang pernah kita torehkan. Semua hal-hal itu adalah sangat penting bagi kita manusia.

Kehilangan ingatan sangat tidak di harapkan walaupun itu kehilangan ingatan dalam jangka pendek. Hilang ingatan dapat berupa ingatan jangka panjang dan ingatan jangka pendek. Memang ada penyakit yang sampai sekarang belum bisa di obati yang menyerang otak dan melumpuhkan ingatan jangka panjang maupun jangka pendek kita. Sayangnya sampai sekarang belum di ketahui obat untuk melumpuhkan penyakit alzeimer tersebut.

Namun demikian kehilangan memori atau ingatan jangka pendek dapat disebabkan oleh sebab-sebab sebagai berikut :

Stress Atau Depressi
Gangguan Hati akibat berbagai permasalahan yang sangat membebani pikiran ini bisa melumpuhkan ingatan dalam waktu singkat. Kecemasan berlebih akan memicu emosi dan bisa menghilangkan ingatan. Semoga kita tetap sabar dan tenang menghadapi setiap persoalan, semoga hati kita tetap bisa bersandar pada Allah sehingga dikuatkan dalam menghadapi segala persoalan kita.

Kurang Tidur
Waktu tidur adalah waktu yang sangat berharga, karena tidur adalah cara paling tepat bagi kita untuk beristirahat di bandingkan dengan jenis-jenis istirahat yang lain. Tidur terlalu sedikit atau tidur yang tidak berkualitas bisa menjadi penyebab mudahnya kehilangan ingatan.

Kekurangan Nutrisi
Otak seperti organ tubuh yang lain, yang membutuhkan nutrisi agar bisa bekerja dengan baik. Vitamin yang paling sering digunakan oleh otak dalam menyimpan  memori adalah vitamin B1 dan B12.

Cidera kepala
Cidera kepala bisa jadi penyebab, kalau ini banyak orang yang paham karena sudah sering di skenariokan pada film-film baik dari dalam maupun luar negeri.Cidera di kepala bisa terjadi pada peristiwa kecelakaan dan lain-lain. Makadari itu bila kita pengendara sepeda motor wajib mengenakan helm. Mudah-mudahan dengan helm tersebut kita bisa terhindar dari benturan di kepala yang bisa menyebabkan kita kehilangan ingatan.

Stroke
Stroke merupakan lumpuhnya sebagian organ tubuh, termasuk kehilangan ingatan bisa menyertai penyakit ini. Kekacauan ingatan-ingatan yang sering kali berbaur menjadi satu menyebabkan penderita stroke dan keluarganya kebingungan. Penyebab stroke yang umum adalah pola makan dan pola hidup seperti olahraga. Semoga kita bisa menghindari stroke dengan makan-makanan sehat dan rajin berolahraga.

Mari rajin berolahraga, dan makan buah berri, omega 3 dan masih banyak lagi yang bisa kita lakukan untuk memperkuat ingatan kita. Baca selengkapnya






| | 0 comments | Read More

Tanda dan Bahaya kekurangan vitamin pada tubuh

Tanda kekurangan vitamin pada tubuh kita antara lain bisa berupa gangguan kesehatan seperti mudah lelah, kesemutan, nyeri pada tubuh, sariawan, kemandulan, kejang otot, anemia, kram otot dan masih banyak yang lain.

Lalu apakah tandan kekurangan vitamin pada tubuh kita bisa di spesifikkan ? Sebagian ya dan sebagian tidak:

Gangguan Kesehatan merupakan gejala yang ada pada semua kekurangan vitamin namun bila berhubungan dengan mata misalkan rabun senja, katarak, infeksi saluran pernafasan, menurunya daya tahan tubuh serta kulit yang tidak sehat merupakan gejala umum bagi orang-orang yang kekurangan vitamin A. Bila anda mengalami gejala seperti yang disebutkan diatas maka anda bisa mulai memperhatikan apakah konsumsi susu, ikan, sayuran hijau, kuning telur, buah-buahan berwarna merah, dan kuning bisa anda konsumsi. Buah yang kami maksud berwarna hijau dan merah antara lain cabe merah, wortel, pisang, pepaya, dan apel, jambu merah dan masih banyak yang lain.

Gangguan Kesehatan yang lain seperti nyeri, mudah terluka, ada infeksi pada gusi atau gusi berdarah merupakan gejala kesehatan yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C. Untuk memenuhi kebuhan vitamin C anda bisa dapatkan pada jambu batu, buah jeruk, tomat, nanas, sayur segar dan masih banyak lagi sumber vitamin yang lain.

Gangguan kesehatan berupa sariawan merupakan menurunnya daya tahan tubuh, kulit kering, bersisik, mulut kering, bibir pecah-pecah,serta sariawan merupakan gejala kekurangan vitamin B2. Untuk memenuhi kebutuhan itu anda bisa memperbanyak makan sayuran segar, kacang kedelai, kuning telur dan susu.

Gangguan kesehatan berupa terganggunya syaraf.Kemandulan pada pria dan wanita bisa diakibatkan oleh kekurangan vitamin E. Anda dapat mencegahnya dengan mengkonsumsi ikan, ayam, kuning telur, kecambah, ragi, dan minyak yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Gangguan kesehatan berupa otot yang sering kejang , gigi yang keropos, pertumbuhan tulang yang tidak normal, merupakan gejala kekurangan vitamin D. Bila anda mengalami gangguan seperti di atas maka sebaiknya mulai anda perhatikan jumlah ikan, susu, telur dan keju pada menu anda. Jangan lupa vitamin D bisa di olah dengan sinar matahari pagi. Kekuranga vitamin D ini sangat mengganggu terutama bagi anak-anak anda, jadi waspadalah.Bukan hanya  kekurangan vitamin D yang bisa menyebabkan kram otot tetapi juga bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin B5. Vitamin B5 dapat kita dapatkan pada daging, susu, sayur-sayuran, hati, dan kacang hijau

Bila anda mengalami gangguan kesehatan berupa anemia atau kurang darah, mudah capek, letih, lesu, lemas, penyakit kuit merupakan gejala kekurangan vitamin B12. Sama halnya pada kekuranga vitamin D, Vitamin B12 juga terdapat pada Ikan, Susu, Telur dan Keju.

Dari uraian di atas ketercukupan vitamin bisa kita dapatkan asalkan menu sehari-hari kita telah memenuhi 4 sehat 5 sempurna. Semoga anda dan kami tetap sehat, dan bisa memenuhi kebutuhan vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Salam sehat dan salam sukses selalu.

Wednesday, September 30, 2015

| | 0 comments | Read More

Kiat Penuhi Nutrisi untuk Otak dan Jantung

Tampaknya makanan yang baik untuk jantung, baik pula untuk otak. Gary Small, Direktur The UCLA Memory Clinic di Amerika Serikat, memberikan kiat mendapatkan manfaat gizi terbaik untuk kedua organ penting dalam hidup kita tersebut.

1. Membatasi jumlah kalori
Kelebihan lemak tubuh meningkatkan risiko terkena penyakit, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Kedua penyakit degeneratif itu berisiko menyebabkan stroke ringan di otak yang dapat membuat Anda kehilangan memori, demensia, bahkan menderita alzheimer.

2. Makan lebih banyak lemak baik
Asam lemak esensial yang kita temukan pada ikan membantu mencegah penyumbatan pembuluh jantung. Asam lemak ini juga ditemukan pada kacang-kacangan, alpukat, minyak kanola, minyak zaitun.

3. Pilih daging tanpa lemak
Misalnya daging ayam tanpa kulit dan daging tenderloin. Daging kaya lemak jenuh seperti daging burger adalah penyebab penyumbatan pembuluh jantung.

4. Konsentrasi ke karbohidrat kompleks
Seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan gandum. Jenis makanan ini bermanfaat untuk kolesterol baik penjaga kesehatan jantung kita. Di samping itu, jenis karbohidrat ini juga menjaga nafsu makan dan membantu membakar lemak. Sayur dan buah yang berwarna cerah juga merupakan zat antioksidan penjaga kesehatan otak.

5. Tambahkan kunyit!
Warna kuning pada masakan yang berasal dari kunyit selain menyedapkan makanan, juga bermanfaat untuk kesehatan karena kandungan curcumin di dalamnya. Curcumin adalah zat aktif dalam kunyit yang bermanfaat sebagai zat antipembengkakan dan antioksidan.

6. Minum teh hijau dan hitam
Buat teh tanpa gula karena kedua jenis teh itu bebas kalori dan kaya antioksidan.

7. Minum anggur
Tentu selama Anda tak ada halangan kesehatan untuk mengonsumsi minuman gaya ini. Segelas anggur sehari dapat membantu melindungi otak dari kemunduran. Begitu menurut penelitian yang ditulis di Journal of the American Medical Association. Anggur merah juga dikenal mengandung antioksidan.

8. Hindari makanan sampah
Terutama kudapan yang mengandung gula tinggi dan makanan olahan. Keduanya menyebabkan pembengkakan di dalam tubuh dan meningkatkan kadar glukosa dalam darah kita.