Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Wednesday, March 7, 2018

Informasi Kesehatan 7 Perilaku Sehat

/ On : 1:07 AM/ Thank you for visiting my small blog here. If you wanted to discuss or have the question around this article, please contact me cahyo_onsby@yahoo.com.
Perilaku hidup sehat, berpengaruh besar terhadap kesehatan manusia mencapai 80 % dalam kemunginan terjaganya kesehatannya.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), mencerminkan perilaku atau pola hidup seseorang yang harus di biasakan sejak dini. Kita sebagai orang tua memberikan pengaruh besar terhadap perilaku sehat kita dan bila kita telah menjadi orang tua perilaku sehat anakpun pasti tercermin dari pendidikan yang kita berikan.

Pendidikan perilaku sehat inilah yang harus kita sadari dan kita laksanakan sehingga kehidupan diri dan keluarga kita menjadi lebih sehat. Bila memiliki teman akrab pun sangat baik untuk menularkan perilaku sehat ini kepada mereka. Kenapa itu perlu karena kita sebagai orang dewasa pasti lebih kuat menghadapi gempuran pengaruh perilaku tidak sehat dari lingkungan, tetapi anak kita bisa saja terpengaruh. Memberikan lingkungan yang sehat pergaulan yang sehat pada anak-anak kita sampai mereka tumbuh dewasa sangatlah penting untuk memastikan mereka sama kuat atau lebih kuat dalam menjaga perilaku sehatnya.


Berikut beberapa Perilaku hidup bersih dan sehat yang bisa kita lakukan

1. Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun

Tangan merupakan organ yang sangat penting sebagai pengantar makanan yang kita konsumsi. Makanan yang baik dan bersih menjadi kurang higienis bila kita menggunakan tangan yang tidak higienis pula. Jadi inilah kenapa perilaku mencuci tangan dengan air dan sabun merupakan perilaku pertama yang harus kita terapkan. Apa saja penyakit yang dapat dihindarkan dari perilaku ini bila telah berjalan dengan baik ?

 a. Penyakit Diare

 Diare mungkin kita sering mendengarnya tapi tahukah kita bahwa penyakit ini menjadi pembunuh nomor dua setelah ISPA bagi anak-anak data ini menurut data RISKEDAS 2013.

 b. Mual, Nyeri Perut, Perut Kembung dan penyakit perut lain

2. Menggosok gigi pada pagi dan malam 

Menggosok gigi dua kali sehari pagi dan malam cukup untuk mendapatkan gigi yang sehat sehingga makanan bisa di cerna di mulut dengan sempurna. Bila menurut hadits nabi andaikan tidak memberatkan umatku maka setiap shalat maka akan diwajibkan untuk bersifak atau menggosok gigi. Tentu bila kita bisa lima kali sehari dengan jeda-jeda waktu itu bisa membuat gigi kita lebih terawat.

3. Memelihara kuku tangan dan kaki

Kuku merupakan organ tubuh yang sering tidak mendapatkan perhatian terutama kuku kaki yang lebih sering tertutup oleh sepatu, banyak orang mengabaikannya. Padahal bila kita perhatikan bila kebersihan kuku baik tangan dan kaki akan bisa menyimpan kotoran yang biasanya berwarna hitam, ini rawan sekali di hinggapi bakteri yang bisa saja membuat kita sakit.

4. Rajin Minum air putih

Darah memerlukan air yang cukup sehingga bisa menjalankan fungsinya dengan baik untuk menjangkau seluruh organ tubuh dalam rangka mengantarkan makananan. Memasak air lebih disarankan walaupun kita bisa meminum air tersebut dari galon atau dispenser secara langsung.

5. Mengkonsumsi makanan sehat

Makanan alami atau organik menjadi faktor yang penting saat ini untuk menjaga kesehata. Namun kita tahu banyak makanan baik buah ataupun sayur yang harusnya sehat untuk dikonsumsi saat ini banyak di kontaminasi oleh pestisida, parafin (lilin), bahan pengawet dan lain. Membeli bahan makanan organik bisa jadi alternatif tapi memang mahal. Menanam sayur dengan cara organik di rumah bukan tidak mungkin untuk sedikit membantu tubuh melakukan detoksifikasi. Kita bisa menanam kankung, sawi, atau terong di pot pada lahan yang tidak terlalu luas.

6. Membuang Sampah Pada Tempatnya

Kebiasaan baik ini masih sulit diterapkan, mungkin karena kurangnya kesadaran untuk menjaga lingkungan menjadi lingkungan yang lebih sehat. Meletakkan sampah pada tempatnya memudahkan petugas atau mempercepat mengisolasi sampah sehingga tidak mengkontaminasi lingkungan kita dengan bakteri yang berasal dari sampah tersebut.

7. Tidak merokok 

Merokok merupakan proses penghisapan racun, baik yang didapat dari rokok sendiri maupun dari rokok orang disekitar kita. Memang dilema bila kita memiliki teman yang suka merokok seenaknya. Sehingga penting bagi kita untuk memilih teman yang sama-sama memiliki perilaku sehat.

Masih banyak lain yang tidak dapat kita hindari yang bisa menyebabkan kita sakit, seperti asap kendaraan, pabrik dan lain-lain tapi setidaknya 7 perilaku sehat di atas membuat tubuh kita lebih kuat sehingga tidak gampang sakit. Bila 7 perilaku itu sudah diterapkan bukan berarti tidak bisa sakit, tapi percayalah dengan 7 perilaku tersebut kita bisa lebih sehat dan bugar untuk bisa menikmati hidup.

No comments: