Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Tuesday, September 29, 2015

Tips sehat terhindar dari penyakit Batu Ginjal

/ On : 8:58 AM/ Thank you for visiting my small blog here. If you wanted to discuss or have the question around this article, please contact me cahyo_onsby@yahoo.com.
Penyakit batu ginjal terbentuk dari mineral dan asam garam. apa itu mineral ? mineral pembentuk batu ginjal terdiri dari oxalate atau phosphate (fosftat). Sedangkan asam yang membentuk batu ginjal adalah uric acid atau yang lebih dikenal dengan asam urat.

Kekurangan konsumsi air putih dalam tubuh semakin mempercepat pembentukan batu ginjal. Pria mendominasi penyakit batu ginjal ini. Dahulu pria dengan usia 70 tahun lebih rentan diserang oleh batu ginjal ini. namun saat ini saat memasuki usia 40 tahun resiko ini semakin meningkat. Peningkatan resiko ini disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup.

Faktor keturunan bisa menjadi penyebab meningkatnya resiko terkena penyakit batu ginjal. Resiko ini bisa di bilang meningkat lebih 60 kali lebih berisiko bila tidak disertai dengan pola hidup dan makan yang sehat. Resiko keturunan ini tidak sepenuhnya menjadi penyebab utama bila di barengi kesadaran dan kewaspadaan agar tidak terkena penyakit batu ginjal.

Bila anda merasakkan sakit dimulai dari sisi tubuh atau pingggang, dibawah pinggul serta bergerak ke peruh bagian bawah dan pangkal paha terasa nyeri maka anda harus waspada. Rasa nyeri berubah seiring dengan pergerakan batu ginjal pada saluran urin.

Batu ginjal pada umumnya tidak menyebabkan kerusakan permanen. solusi untuk penyakit batu ginjal adalah banyak minum air putih. Bagaimanapun pengobatan medis merupakan pengobatan paling masuk akal untuk menangani penyakit batu ginjal.

Bila anda menyukai alternatif atau ramun herbal biasanya orang menyarankan untuk mengkonsumsi pil ketji beling atau kumis kucing yang sebenarnya merupakan tumbuhan yang mengandung zat peluruh kencing.

siapapun bisa terkena penyakit apapun termasuk batu ginjal ini, namun bila anda termasuk dalam kategori berikut wajib berhati-hati
1. Ada keluarga dengan penyakit batu ginjal
2. Berusia di atas 40 tahun walaupun bisa saja batu ginjal sudah ada sebelum usia tersebut.
3. laki-laki
4. Menyukai atau sering mengkonsumsi makanan dengan kadar protein tinggi, sodium tinggi, dan gula termasuk di dalamnya karbohidrat yang oleh tubuh di ubah menjadi gula.
5. Obesitas atau kegemukan
6. Pernah mengalami operasi pada saluran pencernaan
7. kondisi medis seperti tubular acidosis, cystinuria, hyperparathyrodisim, dan infeksi saluran urin tertentu.

Batu ginja ada  beberapa jenis seperti batu kalsium, batu struvite, uric acid, dan jenis batu lainnya.

Lalu Bagaimanakah mencegah batu ginjal ?
Kenalilah gaya hidup anda sudah cukupkah konsumsi air putih setiap harinya, hindari makan makanan yang bisa jadi pemicu batu ginjal.

Semoga kita semua terhindar dari penyakit apapun, salam sehat.

No comments: