Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Sunday, September 27, 2015

Tips Sehat ala Vegetarian

/ On : 2:15 PM/ Thank you for visiting my small blog here. If you wanted to discuss or have the question around this article, please contact me cahyo_onsby@yahoo.com.
Sudah menjadi pengetahuan umum tumbuhan lebih aman di konsumsi oleh manusia dibandingkan dengan daging atau ikan. Bukan berarti daging dan ikan sesuatu yang patut dihindari karena mengandung banyak resiko ketika memakannya. Ada banyak manfaat yang bisa di ambil dari daging terutama ikan.

Untuk masa-masa pertumbuhan makan apapun rasanya tidak menjadi masalah, tetapi bila telah menginjak usian di atas 30 maka kita lebih harus berhati-hati dalam memilih jenis makanan yang kita makan. Kondisi ini semakin di perparah bila kita tidak menyukai atau tidak sering melakukan aktifitas fisik seperti olahraga. 

Bagi sebagian orang vegetarian merupakan suatu pilihan untuk menjaga kesehatannya. Vegetarian adalah suatu pola makan yang menghindari makan ikan dan daging. Pada agama tertentu ada ajaran seperti itu. Pola makan vegetarian sangan cocok bagi usian 30 an ke atas karena kolesterol yang kita makan dari tumbuhan jauh lebih sehat dan lebih baik daripada kita mendapatkan kolesterol dari hewan.Dengan pola makan vegetarian maka kinerja jantung lebih ringan, pembuluh darah lebih elastis sehingga resiko terkenah tekanan darah tinggi berkurang, lemak pada pembuluh darah berkurang drastis, inipun mengurangi resiko tekan penyakit darah tinggi. Kanker usus besar, kanker prostat dan diabetes pun biasanya akan jauh dari para vegetarian.

Pola makan vegetarian sebenarnya ada banyak cabang, anda bisa memilih salah satu dari cabang vegetarian tersebut. Namun demikian kita tetap harus memperhatikan asupan gizi yang kita makan minimal anda harus cukup dengan zat-zat berikut.

Protein : Merupakan zat untuk menjaga kesehata organ tubuh seperti kulit, tulang dan otot. Peranan protein untuk organ lain pun tidak bisa dihindarkan. Bila anda memilih pola makan vegetarian untuk memenuhi kebutuhan protein ini anda bisa makan biji-bijian seperti kacang-kacngan dan gandum.

Kalsium : Kalsium umumnya didapatkan dari ikan, susu, yoghurt. kalsium sangat diperlukan oleh tulang dan gigi untuk menjaga kepadatannya. kekurangan zat ini akan mengakibatkan keropos tulang dan gigi. Untuk itu anda harus cukup zat kalsium ini. pada pola makan vegetarian anda bisa konsumsi olahan tahu dan tempe dengan tambahan zat kalsium, beras dengan tambahan zat kalsium dan lain-lain. Memang sulit mendapatkan kalsium pada tumbuhan.

IODIN : merupakan zat untuk membantu menjaga metabolisme tubuh agar tetap berjalan dengan baik. Untuk mendapatkan zat iodin ini anda perlu makan-makanan yang berasal dari kacang-kacangan dan jenis sayuran kubis seperti brokoli,bhok coy, dan kembang kol.

Zat Besi : Ada banyak makanan yang bisa kita konsumsi untuk mendapatkan zat besi yang sangat bagus untuk produksi sel darah merah. Kita konsumsi gandum, sereal, sayuran berwarna hijau seperti kol, bayam dan lain-lain merupakan sumber zat besi yang baik.

Asam Lemak (Omega 3), Zat ini sangat terkenal untuk menjaga kesehatan jantung, pada pola makan vegetarian asam lemak ini bisa didapatkan dari minyak kanola, minyak kedelai, kedelai atau bisa juga dari suplemen tambahan.

Zinc atau zat seng: zat ini sanga diperlukan untuk proses pembelah sel dan pembentukan protein, bila anda masih makan susu dan keju maka zat zinc ini bisa tercukupi dari situ. Zinc pada tumbuhan bisa juga didapatkan dari gandung, kedelai dan biji-bijian sayangnya zinc dari tumbuhan lebih sulit terserap oleh tubuh.

Demikianlah tips sehat ala vegetarian, dari kami. Mudah-mudahan ini menjadi referensi yang baik untuk menjaga tubuh tetap sehat. Bijaklah dalam makan karena semua penyakit awalnya dari pola makan dan pola hidup yang tidak sehat. Salam sehat 




No comments: