Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Thursday, October 1, 2015

penyebab hilang ingatan jangka pendek dan cara mengatasinya

/ On : 3:14 PM/ Thank you for visiting my small blog here. If you wanted to discuss or have the question around this article, please contact me cahyo_onsby@yahoo.com.
Kehilangan ingatan merupakan suatu proses yang menakutkan pada siapapun. Ingatan merupakan suatu yang berharga. Kemampuan mengingat orang-orang terdekat yang telah banyak memberi kebahagiaan kepada kita. kemampuan mengingat banyak peristiwa penting. mengingat siapa sebenarnya kita, dari mana kita berasal, siapa orang tua kita, apa saja prestasi yang pernah kita torehkan. Semua hal-hal itu adalah sangat penting bagi kita manusia.

Kehilangan ingatan sangat tidak di harapkan walaupun itu kehilangan ingatan dalam jangka pendek. Hilang ingatan dapat berupa ingatan jangka panjang dan ingatan jangka pendek. Memang ada penyakit yang sampai sekarang belum bisa di obati yang menyerang otak dan melumpuhkan ingatan jangka panjang maupun jangka pendek kita. Sayangnya sampai sekarang belum di ketahui obat untuk melumpuhkan penyakit alzeimer tersebut.

Namun demikian kehilangan memori atau ingatan jangka pendek dapat disebabkan oleh sebab-sebab sebagai berikut :

Stress Atau Depressi
Gangguan Hati akibat berbagai permasalahan yang sangat membebani pikiran ini bisa melumpuhkan ingatan dalam waktu singkat. Kecemasan berlebih akan memicu emosi dan bisa menghilangkan ingatan. Semoga kita tetap sabar dan tenang menghadapi setiap persoalan, semoga hati kita tetap bisa bersandar pada Allah sehingga dikuatkan dalam menghadapi segala persoalan kita.

Kurang Tidur
Waktu tidur adalah waktu yang sangat berharga, karena tidur adalah cara paling tepat bagi kita untuk beristirahat di bandingkan dengan jenis-jenis istirahat yang lain. Tidur terlalu sedikit atau tidur yang tidak berkualitas bisa menjadi penyebab mudahnya kehilangan ingatan.

Kekurangan Nutrisi
Otak seperti organ tubuh yang lain, yang membutuhkan nutrisi agar bisa bekerja dengan baik. Vitamin yang paling sering digunakan oleh otak dalam menyimpan  memori adalah vitamin B1 dan B12.

Cidera kepala
Cidera kepala bisa jadi penyebab, kalau ini banyak orang yang paham karena sudah sering di skenariokan pada film-film baik dari dalam maupun luar negeri.Cidera di kepala bisa terjadi pada peristiwa kecelakaan dan lain-lain. Makadari itu bila kita pengendara sepeda motor wajib mengenakan helm. Mudah-mudahan dengan helm tersebut kita bisa terhindar dari benturan di kepala yang bisa menyebabkan kita kehilangan ingatan.

Stroke
Stroke merupakan lumpuhnya sebagian organ tubuh, termasuk kehilangan ingatan bisa menyertai penyakit ini. Kekacauan ingatan-ingatan yang sering kali berbaur menjadi satu menyebabkan penderita stroke dan keluarganya kebingungan. Penyebab stroke yang umum adalah pola makan dan pola hidup seperti olahraga. Semoga kita bisa menghindari stroke dengan makan-makanan sehat dan rajin berolahraga.

Mari rajin berolahraga, dan makan buah berri, omega 3 dan masih banyak lagi yang bisa kita lakukan untuk memperkuat ingatan kita. Baca selengkapnya






No comments: