Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Friday, May 6, 2016

Cara sehat dengan Prebiotik dan Probiotik

/ On : 12:50 AM/ Thank you for visiting my small blog here. If you wanted to discuss or have the question around this article, please contact me cahyo_onsby@yahoo.com.
Istilah probiotik ataupun prebiotik sekarang ini menjadi terkenal kembali. Sebenarnya itu pelajaran kita saat kita masih smp atau sma dulu ya. Dua istilah itu memang terlihat sama, berfungsi untuk memelihara kesehatan pencernaan kita. Kita pasti setuju dari pencernaan seluruh sumber energi tubuh kita. Bila pencernaan berjalan baik atau optimal maka energi dan kesehatan organ-organ lain juga akan mengikutinya.

Sebenarnya apa beda prebiotik dan probiotik sebenarnya. Perbedaannya adalah probiotik adalah organisme hidup sedang prebiotik adalah serat makanan bagi mikroorganisme tersebut.


Probiotik
Probiotik adalah organisme yang berguna bagi tubuh. Begitu oranisme hidup ini masuk ke dalam tubuh kita diharapkan akan meningkatkan kesehatan tubuh kita. Probiotik bisa kita dapatkan pada yoghurt, keju, mentega, saribuah, dan susu formula yang difortifikasi dengan bakteri yang bermanfaat bagi tubuh kita. Kita bisa menyebut sebagai bakter penghasil asam laktat.

Apa saja bakteri yang bisa menghasilkan asam laktat ?
1. Lactobacillus Bulgaricus SP terdapat pada susu mampu menembus asam lambung dan membentuk koloni di usus pencernaan.

Cara kerjanya mereka berebut makanana dengan mikroorganisme yang merugikan atau biasa disebut dengan bakteri jahat. Sehingga dominasi dari Lactobacillus Bulgaricus SP ini akan menghasilkan lebih banyak asam laktat.

Prebiotik 
Prebiotik adalah karbohidrat tetapi khusus karbohidrat yang tidak bisa dicerna oleh tubuh, namun dengan bantuan mikroba maka serat ini bisa diolah sedang hasil dari mikroba tadi di manfaatkan oleh tubuh. Sama halnya dengan bakteri Lactobacilus, jumlah mikroba baik yang jauh lebih banyak daripada mikroba jahat akan menghasilkan zat yang dibutuhkan tubuh lebih banyak.

Prebiotik merupakan sumber makanan bagi probiotik. Yang sering kita makan berasal dari kedelai yang terdiri atas Rafinosa dan Stakiosa, Frukto-oligosakarida, inulin, laktulosan dan latosukrosa. Inulin bermanfaat sebagai penyeimbang fungsi gastrointestinal atau menyeimbangkan mikroflora pada kolon.

Prebiotik dapat anda temukan pada biji-bijian, sayuran dan buah-buahan. Produk olahan seperti susu kedelai, tempe, tauco, kaya akan prebiotik. Dengan mengkonsumsi prebiotik berikut probiotiknya merupakan cara sehat yang seimbang jadi jangan mengkonsumsi serat tanpa mengkonsumsi mikrobanya.

Prebiotik dan probiotik merupakan makanan bagi tubuh yang tentu saja akan optimal jika di konsumsi dalam jumlah yang cukup bukan berlebih atau sangat kurang. Semoga cara sehat dengan konsumsi prebiotik dan probiotik ini bermanfaat bagi pembaca sekalin. terima kasih telah berkunjung di blog kami

No comments: