Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Friday, July 3, 2015

Perubahan fisik dan mental pada usia lanjut

/ On : 11:11 PM/ Thank you for visiting my small blog here. If you wanted to discuss or have the question around this article, please contact me cahyo_onsby@yahoo.com.
Setiap orang pasti merasakan proses menua, hal tersebut seharusnya sesuatu yang wajar. Menjadi tua berarti mengalami perubahan mental ataupun fisik.  Secara fisik dapat kita lihat seperti melambatnya gerakan tubuh, kulit yang keribut, dan rambut beruban.Perubahan fiik dan mental pada usia lanjut merupakan proses psikologis yang berat bagi sebagian orang. Karena pada saat usia lanjut atau tua maka akan mengalami

Berdasarkan keluhan dari para lansia seperti badan terasa sakit hampir di setiap anggota tubuh, sulit tidur, menjadi pelupa,mengantuk berlebihan dan lain sebagainya.

Perubahan fisik seperti keriput bagi sebagian orang menyebabkan tidak percaya diri untuk bergaul sehingga beberapa orang rela untuk mengeluarkan uang untuk mempertahankan kekencangan kulitnya misalkan dengan operasi plastik. Tetapi tindakan ini berbahya karena pada usia tua sel tubuh akan sulit untuk memperbaiki diri bahkan kehilangan kemampuan untuk memperbaiki diri serta sulit mencegah infeksi. Operasi plastik bisa mengakibatkan gangguan kesehatan apalagi dilakukan di usia tua.

Badan kesehatan WHO telam memberikan batasan usia manusia sebagai berikut
- Middle Age (Usia pertengahan) 45 - 59 Tahun
- Lanjut usia 60-75 Tahun
- tua usia 76 - 90
- Sangat tua usia 90 tahun ke atas.

Beberapa gangguan mental saat usia tua antara lain
- Pikun atau dimensia
  Kemampuan mengingat akan menurun pada saat usia lanjut, perubahan lain yang termasuk dalam kategori ini adalah perilaku seperti mudah kebingungan, keluyuran tanpa arah, dan mengompol.
- Tekanan Jiwa (Depresi)
Depresi ini seringkali dipicu oleh keluhan yang dirasakan saat usia tua seperti nyeri, pegal, lelah sehingga mengakibatkan kehilangan minat pada sesuatu yang sering dilakukannya, cepat marah, mudah tersinggung, rendah diri karena merasa tidak bisa banyak bermanfaat lagi, rasa bersalah,nafsu makan hilang, dan konentrasi buruk.
- Cemas
Perubahan fisik dan kemampuan organ tubuh yang menurun seperti jantung berdebar, sulit tidur menyebabkan kecemasan dan kekhawatiran berlebihan.

Beberapa gangguan pada usia tersebut tidak bisa kita hindari. Akan tetapi dengan penangan dan motivasi yang tepat maka mudah-mudahan bisa menjalani masa tua dengan lebih tenang tanpa banyak mengalami rasa nyeri dan kecemasan berlebihan.


Tips Menghadapi Usia Tua

Kesulitan-kesulitan menghadapi usia tua harus kita minimalisir sejak dini. Berdasarkan mereka yang mengalami masa tua dengan bahagia maka muncullah Tips menghadapi usia tua ini.

Rasa Sakit atau nyeri saat tua

Rasa sakit atau nyeri saat tua ini adalah sesuatu yang biasanya disebabkan oleh penumpukan asam urat dan peredaran darah yang tidak lancar. Untuk  mempertahankan kekuatan otot dan menghindari asam urat dengan olahraga sesuai usia sampai mengeluarkan keringat merupakan suatu pilihan yang tepat dan telah terbukti efektif. Olahraga sesuai usia juga  bisa menjaga kekuatan jantung sehingga tetap mensuplai darah dengan benar dan lancar. Jantung mempompakan darah dan bersihnya asam urat dari pembuluh darah mengakibatkan seluruh organ tubuh tercukupi nutrisinya.

Tidak percaya diri.
Bergaul dengan orang-orang seusia pada kegiatan jalan pagi, klub lansia dan lain sebagainya mempu mengusir rasa tidak percaya diri. Kegiatan ini seringkali menambah wawasan sehingga bisa menghambat kepikunan dini.

Pola Makan
Makanan yang enak di mulut biasanya tidak enak di perut dan tubuh kita. Makan-makanan banyak mengandung serat, vitamin menghindari gula dan karbohidrat berlebih menyebabkan organ tubuh lebih awet mudah. Saat  muda kita sudah banyak menikmati makanan berlemak, karbohidrat tinggi, gula tinggi dan lain sebagainya. Pada saat tua sudah sepantasnya untuk memberikan hadiah bagi tubuh kita untuk menerima hal-hal yang menguntungkannya. Bila makanan masa muda menggoda anda maka yakinlah bahwa kesehatan anda jauh lebih nikmat daipada sepering makanan nikmat tersebut.

Demikian tips bagaimana menghadapi masa tua, tips ini ada karena pada masa tua kita akan banyak mengalami gangguan-ganggua kesehatan dan mental bila tidak mengikuti cara-cara sehat saat usia tua.

No comments: