Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Thursday, January 22, 2015

Makanan Sehat dan Pola Hidup Sehat.

/ On : 4:56 PM/ Thank you for visiting my small blog here. If you wanted to discuss or have the question around this article, please contact me cahyo_onsby@yahoo.com.
Makanan sehat adalah makanan yang tidak mengandung bahan pengawet, tidak mengandung pestisida, makanan yang dimasak dengan tepat, dan tentu saja jumlah yang di makan harus sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Saat ini untuk mendapatkan makanan tanpa bahan pengawet seharusnya kita menghindari makan-makanan dalam kemasan seperti daging atau ikan dalam kaleng, mie instant, jajanan anak-anak dan masih banyak lagi yang lain.

Usaha pengawetan makanan ini karena melimpahnya makanan di suatu tempat. Sehingga tidak mungkin bila di simpan lama karena pasti membusuk untuk itu manusia berusaha mengawetkan makanan dengan berbagai cara seperti

Pemanasan : untuk makanan padat yang mengandung protein , vitamin.
Pendinginan : di masukkan pada almari es atau freezer bisa dilakukan pada dagin, sayur dan susu
Pengasapan : pengasapan atau pemberian garam, dengan teknik ini bisa bertahan lebih lama. cocok digunakan untuk ikan dan daging
Pengalengan : Pengalengan merupakan perpaduan bahan kimia dan fisika atau ruang hampa kaleng
Pembuatan acar atau asinan : biasa digunakan untuk bahan sayur dan buah
Pengentalan : biasa dilakukan pada bahan cairan.
Pembuatan tepung : ini bisa digunakan untuk bahan makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi.
 itulah berbagai teknik yang sering digunakan oleh manusia untuk mengolah makanan. apakah cara pengawetan tersebut membuat makanan tetap sehat di konsumsi ?

Bila dalam jumlah wajar makanan dengan sistem pengawetan di atas tetaplah tidak membuat kita keracunan dan jatuh sakit. Kita harus mengatur pola makann

Sebenarnya pengemasan dan pengalengan tidak sepenuhnya selalu menggunakan bahan pengawet.. Kombinasikan dengan sayuran segar dan ikan segar. Tentu lebih ideal bila anda bisa memastikan ikan dan sayur yang anda makanan tidak ada kandungan bahan kimia. Sulit memang untuk memastikannya. Bila anda hobi menanam bisa juga kita bisa bercocok tanam secara  hidroponik. Dengan cara ini akan di dapatkan makanan yang lebih sehat pada lahan yang terbatas. Tetapi tentu saja ini tidak bisa mensuport secara penuh makanan kita. Jadikanlah ini sebagai penyeimbang saja.

Mengapa Makanan dalam Kaleng Berbahaya ?
Karena makanan kaleng mengandung Bispenol A dapat menyebabkan diabetes, serangan jantung, impotensi, Jantung dan penyakit hati.
Mengapa ada Zat Bispenol A ? Zat ini digunakan untuk mencegah karat pada kaleng. Bukankah kalau berkarat juga berbahaya.

Mengapa Makanan Asin atau Ikan Asin Berbahaya ?
Seperti bisa kita tebak teknik pengawetan makanan ini berbahaya karena mengandung terlalu banyak garam. Sebagai catatan sesuatu yang berlebihan pasti tidak baik bagi kesehatan. Garam berlebihan menurut penelitian menyebabkan peningkatan resiko kanker dan jantung sebanyak 15%. sumber American Journal of Clinical
Mengapa Makanana yang di lakukan Pengasapan Berbahaya ?

Mengapa Makanana yang di lakukan Pengasapan Berbahaya ?
Kenikmatanan makanan atau ikan yang diasap tidaklah diragunakan lagi, teknik ini sebenarnya tidak berbahaya asal pengasapan dilakukan dengan benar. atau tidak dilakukan selama 2 minggu. Ikan yang diasap adalah ikan yang segar. Ikan yang ditangkap bila tidak langsung dilakukan proses pengasapan untuk menjaganya tetap segar biasanya ditambahkan tawas atau bahan dari deodoront. Nach disinilah letak bahaya yang sebenarnya. Dan sayangnya pemberian tawas ini memberikan efek yang bagus bagi tampilan ikan yang diasap. Karena dengan pemberian tawas maka ikan akan tampak kenyal, putih dan mengurangi rasa pahit akibat pengasapan tadi. Zat yang berbahaya pada tawas adalah astrigen yang menyebabkan jaringan berkontraksi, senyawa alumunium yang bisa merusak hati.


Memanaskan makanan sebenarnya sama saja dengan memproses memasak, tetapi pemanasan secara berulang-ulang tentu saja ini merusak gizi yang ada pada bahan makanan tersebut. dengan rusaknya zat gizi tentu saja ini juga menyebabkan kita kekurangan asupan makanan yang baik bagi kesehatan kita.

Tetaplah berhati-hati memasukkan berbagai bahan makan ditubuh kita. Tetap yang terpenting agar kita tetap sehat adalah pola makan dan pola hidup atau bisa juga disebut dengan gaya hidup yang sehatlah yang menjadi salah satu penyebab kita tetap sehat. Semoga kita tetap sehat sampai tua

No comments: