Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Friday, January 23, 2015

Sakit Pinggang Saat Hamil

/ On : 5:44 AM/ Thank you for visiting my small blog here. If you wanted to discuss or have the question around this article, please contact me cahyo_onsby@yahoo.com.
Pada saat hamil muda banyak sekali wanita yang mengeluhkan sakit pinggang,  banyak yang menganggap rasa sakit ini adalah suatu kewajaran. Sakit pada pinggang mulai terasa saat kehamilan muda dan biasanya akan semakin terasa saat kehamilan semakin tua., Bila anda tidak sedang hamil saat ini dan mencari artikel tentang sakit pinggang silahkan anda baca di sini 

Sakit pinggang saat hamil ini terjadi karena adanya hormon-hormon yang dilepaskan saat kehamilan akibat pelepasan hormon tersebut ligamen atau penunjang atau penyangga rahim di derah pelvis menjadi lembut dan sendi-sendi di sekitarnya menjadi longgar.  Lunak ligamen dan longgarnya sendi-sendi ini memang dipersiapkan untuk membantu proses kelahiran.

Pusat gravitasi wanita yang hamil berubah bersamaan dengan besarnya perut akibat dari makin besarnya bayi yang dikandungnya. gravitasi berubah kearah depan. Tambahan ekstra berat ini tentu saja menambah beban pinggang wanita hamil.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit pinggang saat hamil.
1. Karena berat tubuh yang semakin berat ke depan maka untuk mengimbangi berat tubuh ini sebaiknya wanita hamil bersandar. Dengan bersandar dapat meregangkan otot-otot di pinggang bawah.
pada intinya wanita hamil harus membiasakan atau memperbaiki postur tubuh sehingga bisa mengurangi sakit yang di deritanya seperti Berdiri tegak lurus, usahakan tidak membungkuk, Dada diangkat atau ditinggikan, bahu kebelakang sebaiknya rileks, lutut di regangkan jangan di rapatkan.
Saat berdiri kaki dibuka apalagi bila harus berdiri dalam jangka waktu yang lama.
Bila duduk carilah tempat duduk yang ada sandaranya sehingga ada tempat untuk meletakkan punggung.
2. Memilih sepatu yang tepat, pada saat hamil biasanya akan terjadi pembengkakan sebaiknya belilah sepatu yang lebih besar dengan tumit yang rendah dengan lengkungan yang baik.
3. Berjongkok saat mengambil barang. Jangan membungkuk karena ini akan memberatkan pinggang danpunggung anda.
4. Posisi tidur miring.
Tidur miring dengna menekuk kedua lutut. Meletakkan bantal di kedua tekukan lutut dan juga perut.  Atau bisa juga menggunakan bantual khusus untuk ibuhamil.
5.Gunakan pemanas pungung atau es pack secara bergantian , mintalah bantuan ahli pijat profesional untuk melakukannya.
6. Jangan malas, jangan menyerah tetap lakukan aktivitas karena aktivitas ini menjaga kekuatan tubuh. dengan ijin dokter lakukan kegiatan berjalan atau berenang.
7. Cobalah terapi alternatif seperti akupunktur, beberapa penelitian menunjukkan terapi alternatif bisa digunakan untuk membuat kita menjadi lebih sehat.

Semoga bisa bermanfaat

No comments: