Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Sunday, September 21, 2014

Sarapan Sehat

/ On : 3:56 AM/ Thank you for visiting my small blog here. If you wanted to discuss or have the question around this article, please contact me cahyo_onsby@yahoo.com.
Sarapan Sehat, adalah awal aktivitas yang bagus untuk memulai hari yang indah. Jangan lewatkan waktu sarapan. Karena melewatkan waktu sarapan berarti kita telah kehilangan nutrisi yang penting bagi tubuh kita. Tubuh kita memerlukan nutrisi untuk menopang segala kegiatan kita di siang hari.
Jika kita melewatkan makan waktu sarapan, berarti kita kehilangan nutrisi penting bagi tubuh.

Melewatkan sarapan membuat rasa lapar menjadi bertambah-tambah dan mempengaruhi nafsu makan pada sesi  makan berikutnya. sehingga di siang dan sore hari kita makan berlebihan. Padahal waktu itu aktivitas saat itu mulai menurun. Dengan aktifitas yang menurun maka nutrisi tidak akan berguna dan berubah menjadi lemak yang menumpuk di tubuh.

Sarapan yang sehat dapat meningkatkan konsentrasi dan produktifitas tubuh, menurunkan berat badan & kolesterol serta menghindari dari berbagai jenis penyakit berbahaya seperti serangan jantung.

Sarapan SEHAT itu harus mengandung
  1. Karbohidrat kompleks seperti : Nasi merah (brown rice), roti gandum, Oatmeal, kentang & ubi-ubian direbus dengan kulitnya, oatmeal, dan muesli.
  2. Jenis makanan protein rendah lemak : Telur rebus (putihnya saja lebih baik), aneka jenis daging (ikan & ayam tanpa kulit dan tidak digoreng), Tahu dan  Tempe (tidak digoreng.
  3. Produk Olahan Sehat : Susu Skim/Non Fat milk/Low fat milk, Yoghurt & keju rendah lemak
  4. Sayur & Buah-buahan alami atau jus tanpa gula
Semua jenis sarapan diatas mengandung karbohidrat kompleks serat, protein dan sedikit lemak yang dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama.
Menu sarapan, gabungkan berbagai jenis setiap sarapan sebagai variasi sarapan harian supaya tidak bosan.
Semoga anda tetap sehat dan bahagia

No comments: