Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Sunday, December 27, 2009

Mudah Ngantuk

/ On : 6:09 PM/ Thank you for visiting my small blog here. If you wanted to discuss or have the question around this article, please contact me cahyo_onsby@yahoo.com.
Setiap orang pasti mengalami yang namanya ngantuk, hal itu sangatlah wajar, yang menjadi persoalan adalah seberapa seringkah ngantuk itu mendera. Ada beberapa faktor penyebab ngantuk antara lain : fisiologis (normal) atau patologis (ada kelaninan karena penyakit tertentu). Pada umumnya hanya masalah fisiologis saja. Fisiologis berhubungan erat pula dengan kondisi psikis/pikiran kita. Hal ini menyerang individu yang umumnya melakukan kegiatan rutinitas yang praktis tidak banyak berubah, jam kerja yang tetap, jam tidur yang tetap, jam makan yang tetap. Sehingga secara tidak sadar, kita akan merasa jenuh dengan rutinitas kegiatan. Dan ini akan menimbulkan keengganan yang kemudian mengantuk.
Kebiasaan mengkonsumsi vitamin dapat membantu untuk mengatasi masalah ini. Namun yang paling utama adalah harus dapat keluar dari rasa jenuh itu, dengan cara berolahraga teratur, melakukan hobi atau apa saja yang disukai.
Bila itu kelainan patologis (ada penyakit), bisa karena kekurangan darah (anemia), kekurangan asupan glukosa (hipoglikemia) atau bahkan hipotensi (tekanan darah yang terlalu rendah). Hal ini perlu dilakukan tes-tes lebih lanjut dan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter secara langsung.

No comments: