Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Saturday, May 12, 2012

Menurunkan Kolesterol dan Darah tinggi

/ On : 2:23 AM/ Thank you for visiting my small blog here. If you wanted to discuss or have the question around this article, please contact me cahyo_onsby@yahoo.com.
Pola makan dan faktor usia sangat mempengaruhi penyakit ini, kolesterol sebenarnya merupakan keluarga lemak yang sebenarnya bermanfaat bagi tubuh di samping zat gizi lain seperti vitamin, protein, dan mineral.

Dalam berbagai proses metabolisme tubuh, kolesterol juga mengambil peran penting diantaranya:
  • Proses pembentukan sel-sel dalam tubuh, lemak berperan sebagai pembentuk dinding- dinding sel.
  • Dibutuhkan untuk bahan dasar pembentukan hormon-hormon steroid.
  • Membuat asam empedu untuk proses emulsi lemak.
  • Dibutuhkan untuk membuat vitamin D dan juga berperan sebagai bahan untuk membuat hormon - hormon sex dan kortikosteroid.
Mekanisme Kolesterol
Kolesterol sendiri sebenarnya merupakan lemak yang tidak terlalu larut di dalam darah. Karena sifatnya yang tidak terlalu larut dalam darah itu, maka kolesterol butuh bantuan untuk dapat beredar dalam pembuluh darah tubuh. Kolesterol dalam darah akan terikat pada suatu ‘kendaraan’ yang disebut lipoprotein yang dapat membantu kolesterol untuk beredar di dalam pembuluh darah tubuh
Selain diproduksi sendiri dari tubuh, tubuh juga mendapatkan kolesterol dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari, seperti : 
1. kuning telur, 
2. kerang-kerangan seperti udang, 
3. kepiting, jeroan (usus, babat, hati, limpa, otak, ginjal, dan jantung) 
4. Serta makanan yang berasal dari susu (mentega, keju).
Kolesterol diproduksi di dalam hati sekitar 1gr/hari serta juga usus halus kemudian akan beredar didalam darah.
Dari keterangan diatas kolesterol bisa dikatakan sebagai zat yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh, namun karena berlebih sehingga menjadi racun bagi tubuh kita.
tapi Alhamdulillah Allah telah ciptakan berbagai tumbuhan yang dibekali zat-zat untuk menyembuhkan kolesterol sekaligus bisa untuk menormalkan tekanan darah tinggi. Salah satu tumbuhan itu adalah temulawak untuk menggunakan tanaman ini  ambilah temulawak segar 3 jari lalu parut lalu tambahkan 3/4 cangkir air panas biarkan mengendap. Setelah dingin endapanya dibuang dan airnya diminum lakukan setiap hari.
Selain meminum ramuan ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya dihindari dengan sungguh-sungguh makanan yang mengandung kolesterol.

No comments: