Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Monday, May 7, 2012

Manfaat Titik Akupunture (Hegu)

/ On : 1:04 AM/ Thank you for visiting my small blog here. If you wanted to discuss or have the question around this article, please contact me cahyo_onsby@yahoo.com.
Titik yang ditunjukkan oleh gambar disamping adalah titik akupunture atau akupressure hegu yang berguna untuk mengeluarkan panas luar, mengusir angin, membersihkan chi paru-paru, melancarkan chi usus besar dan lambung. Teknik penggunaan secara praktis pada titik Hegu bisa dilakukan dengan mencubit dengan kuku, memijat, mencubit, menggosok. Kalau menggunakan jarum akupuntur bias ditusukkan tegak lurus sedalam 0,5 – 0.8 cun. Cun adalah sekitar 33 mm jadi sekitar 1,6 cm lebih Sebaiknya jangan lakukan pengobatan dengan menggunakan titik hegu pada wanita hamil karena hal ini sangat membahayakan janin. Jadi secara umum titik ini bisa mengatasi penyakit-penyakit seperti berikut :
  1. sakit kepala depan dan samping,

  2. sakit tenggorokan,

  3. mata merah bengkak,

  4. mimisan,

  5. sakit gigi,

  6. bengkak muka,

  7. lumpuh,

  8. bayi mencret,

  9. kaki tangan kejang,

  10. sakit panas tak keluar keringat,

  11. haid tak datang,

  12. kesulitan melahirkan,

  13. buang air besar susah.

Untuk melakukan pemijatan, pencubitan atau penggunaan jarum (bagi praktisi akupunture) sebaiknya anda perhatikan petunjuk berikut untuk mendapatkan hasil yang tepat

Lokasi Titik ini terletak antara 1 dan 2 tulang metakarpal. Hal ini dapat ditemukan dengan mengikuti tiga metode:

  1. Buka lalu regangkan ibu jari dan jari telunjuk, lalu meletakkan lipatan transversal dari ibu jari satu tangan di titik tengah margin diperpanjang antara ibu jari dan jari telunjuk yang lain. Tempat yang ujung jempol meluas adalah Hegu (Usus Besar LI4).
  2. Lipatan tegak lurus 2.A akan muncul jika ibu jari dan indeks jari-diperketat, bersama yang ada proses berotot. Intinya adalah di atas tingkat otot dengan ujung lipatan tegak lurus.
  3. Dengan ibu jari jari telunjuk terpisah, titik akan setengah jalan sepanjang garis yang menghubungkan gabungan dari 1 dan 2 tulang metakarpal dan titik tengah margin antara ibu jari dan jari telunjuk.

No comments: