Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Sunday, December 13, 2009

Penyakit Diabetes Melitus

/ On : 12:59 PM/ Thank you for visiting my small blog here. If you wanted to discuss or have the question around this article, please contact me cahyo_onsby@yahoo.com.
Penyakit Diabetes melitus atau biasa juga dikenal dengan penyakit kencing manis memang bukan penyakit main-main. Perlu perhatian dan penanganan yang tepat untuk mengobati dan mencegah penyakit ini


Menurut sebuah sumber Injeksi insulin menjadi keharusan karena hormon insulin pada tubuh penderita diabetes mellitus tidak bisa dihasilkan, atau tidak dapat digunakan dengan baik. Dalam tubuh hormon insulin diperlukan untuk mengubah glukosa (gula) menjadi energi. Karena tak mampu melakukan konversi gula menjadi energi tersebut, maka pasien DM mempunyai kadar glukosa tinggi dalam sistem tubuhnya. Keadaan ini dikenal sebagai gula darah tinggi atau hiperglikemi. Prof Dr Hendromartono SpPD-KEMD, wakil kepala Pusat Diabetes dan Nutrisi FK Unair Surabaya menyatakan, hormon insulin ini dikeluarkan oleh organ tubuh yang bernama pankreas.

Menurut sumber yang sama, jika ada riwayat keturunan penyakit diabetes melitus juga wajib untuk sering-sering memeriksakan diri ke dokter sehingga bisa dilakukan penanganan yang tepat sebelum penyakit diabetes melitus benar-benar menyerang anda.

Tanda dan gejala penyakit diabets melitus, tapi tidak semua dialami oleh penderita :

1. Jumlah urine yang dikeluarkan lebih banyak (Polyuria)
2. Sering atau cepat merasa haus/dahaga (Polydipsia)
3. Lapar yang berlebihan atau makan banyak (Polyphagia)
4. Frekwensi urine meningkat/kencing terus (Glycosuria)
5. Kehilangan berat badan yang tidak jelas sebabnya
6. Kesemutan/mati rasa pada ujung syaraf ditelapak tangan & kaki
7. Cepat lelah dan lemah setiap waktu
8. Mengalami rabun penglihatan secara tiba-tiba
9. Apabila luka/tergores (korengan) lambat penyembuhannya
10.Mudah terkena infeksi terutama pada kulit.

links : resep-resep herbal

No comments: