Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Friday, December 14, 2012

Apa yang baik untuk Otak Kita ?

/ On : 10:54 PM/ Thank you for visiting my small blog here. If you wanted to discuss or have the question around this article, please contact me cahyo_onsby@yahoo.com.

1. Sarapan

Memang banyak yang tidak suka sarapan, dengan berbagai alasan seperti tidak selera , masih pagi, bangun kesiangan dan lain sebagainya. Padahal tdak sarapan dipagi hari dapat mengakibatkan kadar gula turun dan tentuk dapat melemeahkan knerja tubuh kita. Sarapan pagi hari tidaklah harus makanan yang berat tapi cukup segelas juice buah dan air putih sudah cukup buat tubuh.

2.Makan Secukupnya

 Seperti ajaran nabi, berhentilah makan sebelum kenyang ternyata di balik saran nabi (hadits nabi) tersebut ada rahasia. Ternyata banyaknya makanan yang masuk kedalam tubuh kita dapat menurunkan mental. Padahal untuk memberdayakan otak atau otak bisa bekerja dengan baik bila kita memiliki mental yang positif.

3. Hindari Rokok 

Rokok adalah sesuatu yang buruk bagi kesehatan, sudah bukan rahasia lagi so , tidak usah dibahas lagi anda pasti sangat paham itu.

4. Konsumsi Gula sescukupnya jangan berlebih.


Di bagian pertama telah dibahas bahwa gula darah diperlukan oleh organ tubuh termasuk didalamnya otak tetapi ingat secukupnya. Bila berlebih akan menyebabkan terhalangnya penyerapan protein, sehingga perkembangan otak bisa terganggu

5. Udara yang bersih dari Polusi

Udara yang bersih dari polusi menyebabkan kinerja otak berjalan lebih baik daripada yang tercemar oleh udara berpolusi. Jadi mulailah untuk menghindari sedapat mungkin polusi. Seperti hidup dilingkungan yang asri, gunakan masker dan lain sebagainya.

6. Tidur

Tidur adalah aktifitas yang sangat diperlukan semua makhluk. dan ternyata kurang tidur bisa menyebabkan sel-sel otak mati karena kelelahan. Walaupun sebenarnya saat tidurpun otak tidak berhenti bekerja. akan tetapi saat tidur kinerja otak lebih sedikit

7. Buka Kepala Saat Tidur.
Orang -orang tertentu suka menutup kepalanya saaat tidur, kebiasaan ini sangat buruk karena karbondioksida akan semakin banyak terserap oleh kita karena konsentrasinya lebih tinggi daripada dalam keadaan terbuka.

8.Santai / Relax an Otak anda saat anda sakit


Saat sakit, jangan paksakan otak untuk berfikir terlalu keras, santai dan fokus pada penyembuhan sakit anda ini akan lebih efektif bagi anda. Parahnya berfikir keras saat sakit menyebabkan kerusakan sel-sel otak.

9. Olahraga / Senam Otak 

Berolahraga mengakibatkan aliran darah berjalan baik, Senam otak membantu kita untuk berkonsentras pada beberapa hal sekaligus.

Oke begitu saja mudah-mudahan bermanfaat bagi anda


No comments: