Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Saturday, July 10, 2010

Apa dan Mengapa Hernia Terjadi

/ On : 7:43 AM/ Thank you for visiting my small blog here. If you wanted to discuss or have the question around this article, please contact me cahyo_onsby@yahoo.com.
Hernia atau yang sering disebut dengan Tedun adalah penonjolan isi rongga perut akibat melemahnya otot dinding rongga perut. Secara medis, hernia terjadi karena dinding perut tidak kuat menahan beban isi perut (usus) sehingga usus tersebut melorot turun dan mendesak kebawah.

Isi dari hernia adalah usus, ovarium ataupun jaringan penyangga usus (omentum). Bila ada bagian yang lemah dari lapisan otot dinding perut, maka usus dapat keluar ke tempat yang tidak semestinya, yakni bisa ke diafragma (batas antara perut dan dada), bisa ke lipatan paha dan juga ke bawah pusar.

Untuk kasus yang umum, hernia ini ditandai dengan membesarnya “kantong buah zakar” ataupun benjolan dibawah pusar kira-kira 5 cm baik disebelah kanan maupun di sebelah kiri.
Hernia atau tedun ini selain banyak diderita oleh orang dewasa juga banyak dijumpai diderita oleh anak-anak. Jadi, hernia dapat terjadi pada semua umur. Namun yang sering dijumpai, kasus hernia ini banyak diidap oleh laki-laki. (sumber : mochtar ).

Nach berdasarkan sebab di atas kita harus menjaga isi perut kita menghilangkan zat-zat yang tidak berguna dari dalam usus kita. Untuk itu kita harus melakukan pembersihan usus atau yang biasa di sebut dengan colon cleansing. Colon cleansing berguna untuk orang yang belum mengidap penyakit ini karena dengan bersihnya usus dari zat yang tidak berguna maka usus akan ringan dan sehat. Bagi penderita colon cleansing harus tetap di lakukan agar saat usus di kembalikan pada tempatnya tidak memberatkan diafragma. nach setelah usu di kembalikan oleh tenaga profesional maka penderita diharuskan untuk mengunakan celana hernia untuk menjaga agar usus tidak kembali lagi, dan tentu saja dengan menjaga pola makan dengan makan makanan yang cukup serat.

Untuk melakukan pengembalian ini bisa dilakukan dengan pengurutan tentu saja oleh tenaga yang profesional. Di Surabaya ada sekolah yang bernama Akademi Farmasi Islam yang mendidik tenaga-tenaga profesional dalam bidang kesehatan berlandaskan ajaran Islam.

No comments: